Hubungi Kami

Bahasa Inggris dari awal: Kapan harus memulai?

Semua orang tua modern memahami kebutuhan belajar bahasa asing, dan mereka paling sering memilih bahasa Inggris. Tetapi pertanyaan utamanya adalah: “Kapan anak-anak harus mulai belajar bahasa Inggris?”
Children

Terdapat dua pandangan yang berlawanan

Beberapa orang percaya bahwa lebih baik belajar bahasa Inggris dimulai pada usia sekolah, tetapi sebagian lainnya siap untuk mulai belajar bahasa Inggris segera setelah lahir. Mari kita lihat pro dan kontra dari pendekatan ini.

    Pendapat "pro" mengenai pembelajaran bahasa Inggris dari awal saat anak berusia 7-8 tahun.

  • Pelajaran bahasa Inggris dimulai di sekolah. Anak-anak mengerti bahwa hal tersebut adalah pelajaran, sehingga mereka akan tertarik dan menjadi serius.
  • Pada usia ini, sistem bunyi-huruf bahasa ibu sudah terbentuk, dan mempelajari sistem ini dalam bahasa Inggris akan membantu jika seorang anak memiliki beberapa gangguan bicara.
  • Anak tidak akan takut untuk berkenalan dengan anak-anak lain atau menawarkan ide untuk bermain, dan mereka mulai menunjukkan kemandirian. Komunikasi melampaui lingkungan keluarga, dan pengetahuan bahasa Inggris akan digunakan saat bepergian atau berlibur ke luar negeri. Penggunaan bahasa Inggris ini merupakan insentif tambahan untuk studi yang berorientasi pada hasil daripada studi untuk “pengembangan umum”.

    Apa pendapat kontranya?

  • Siswa tahu perbedaan antara lingkungan prasekolah dan sekolah. Jika seorang anak mulai belajar bahasa Inggris dari awal di usia sekolah, maka mereka akan memiliki sikap tertentu terhadap proses pembelajaran, karena mereka juga telah merasakan sistem mata pelajaran tertentu. Selain itu, akan lebih sulit bagi seorang guru untuk melibatkan seorang anak dan membuktikan bahwa belajar bahasa Inggris untuk pemula di sekolah bahasa tidak sama dengan di sekolah.
  • Tahun-tahun pertama sekolah sangat menegangkan bagi anak-anak. Di kelas 1, siswa merasa stres karena perubahan dramatis dalam hidup mereka. Di kelas 2, anak-anak mengalami stres karena mata pelajaran yang lebih menantang. Bahasa Inggris adalah bentuk abstraksi tertinggi. Pada awalnya, anak-anak tidak dapat secara sadar menggunakan ingatan mereka, dan pengalaman dalam mempelajari bahasa ibu mereka tidak akan membantu.
  • Di sekolah, anak-anak belajar menulis dan tata bahasa dari bahasa ibu mereka. Belajar bahasa asing di samping ini akan menyebabkan kebingungan dan protes internal pada anak.

Bahasa Inggris sejak lahir

Keinginan awal untuk belajar bahasa Inggris tidak akan selalu memiliki efek positif dan hasil yang tahan lama.

Kapan belajar bahasa asing sejak lahir akan dibenarkan?

Ketika salah satu orang tua hanya berbicara bahasa Inggris kepada anaknya atau ketika seorang anak tinggal di negara asal mereka, misalnya, di Amerika. Anak-anak bilingual mencampur kedua bahasa untuk waktu yang lama dan mereka mengalami beberapa kesulitan berbicara jika mereka pergi ke taman kanak-kanak penutur asli mereka. Hal ini terjadi karena otak mempelajari dua sistem bahasa secara bersamaan dan sangat cepat, tetapi kosakata pasif tidak dapat berubah menjadi aktif dalam waktu singkat, sehingga seorang anak akan menggunakan kata dari bahasa yang dapat mereka ingat lebih cepat.

Penting juga untuk diketahui...

“Pro” dari metode pembelajaran awal adalah anak-anak dengan cepat menunjukkan keterampilan mereka. Anak-anak yang belajar bahasa Inggris dari awal pada usia yang sangat dini akan berbicara dalam campuran bahasa Inggris dan kata-kata bahasa ibu mereka. Mereka secara otomatis menggunakan kata pertama yang muncul di pikiran mereka saat sedang dalam percakapan. Mereka menghitung, memberi nama warna, memerintah, bermain, menyanyikan lagu, mengutip karakter film animasi dalam bahasa Inggris. Tetapi perhatikan bahwa bahasa utama untuk seorang anak adalah bahasa yang paling sering mereka gunakan. Jika bahasa kedua tidak digunakan secara terus-menerus, anak akan cepat melupakannya.

Apa kata para ahli?

Usia terbaik untuk belajar bahasa Inggris dari awal adalah di usia 5-6 tahun. Anak-anak sudah dapat berbicara bahasa ibu mereka dengan lancar, dan memori mereka masih mengingat bagaimana mereka menguasai bahasa tersebut. Bahasa baru akan mudah dipelajari, apalagi seorang anak tidak akan mengalami kesulitan.

Belajar bahasa Inggris “untuk mengembangkan kemampuan umum” akan meningkatkan memori, perhatian, imajinasi dan pemikiran abstrak. Hal tersebut juga akan membentuk sistem bahasa kedua, yang, asalkan terdapat keterlibatan mekanisme sadar untuk belajar dan menghafal, maka bahasa tersebut tidak akan dianggap aneh dan asing.

Anak-anak akan menantikan pelajaran video kami!

Dan para guru di Novakid Online English School akan membuatkan pelajaran yang menarik dan bermanfaat untuk anak Anda yang baru mulai belajar bahasa Inggris dari awal. Pelajaran video kami tidak akan membuat anak Anda bosan, dan belajar bahasa Inggris melalui keterlibatan penuh dalam lingkungan bahasa akan menjadi proses belajar yang menyenangkan!

Banner